Kepingan kisah KKN (the beginning)

Sempat teriak – teriak karena tema yang diusulkan diterima, ternyata gak semudah yang dipikir, “Padang aku datang!!!” Ya, tapi lain kesempatan -_-. Itulah yang terjadi. Kelalaian kami dalam mengurus unit KKN kami mengakibatkan kami tidak siap dan harus membubarkan diri. Jumlah anggota kami tidak mencukupi batas minimal 23 orang. kami hanya bersembilan dan tak mampu mencari anggota lain. Sudah terbayang di pikiran kami kalau kami akan terpencar dan KKN di sekitar Yogya. Sebuah hal yang biasa tentu saja untuk kami yang ingin berpetualang ke tempat yang jauh. Namun saat semua berpikir ini akan berakhir biasa, disana jalan selalu ada. Dua orang temanku mengatakan kalau ada tawaran bergabung ke unit lain. ke Bima NTB dan Sikka NTT. Dua unit ini masih membutuhkan anggota anak Geografi. Nice! ini tawaran yang menarik!. Hari terakhir pendaftaran KKN kami bergabung. Semua serba terburu-buru dan kejar-kejaran namun hari itu semua dilalui dengan senyuman. Ya kita berangkat kawan! 4 orang ke Nusa Tenggara Barat, 5 orang ke Nusa Tenggara Timur. Dari tujuan ke barat kita beralih ke timur. Hmm..Sepertinya ini bakal menarik..

Kami bergabung 1 bulan sebelum pemberangkatan ke lokasi. Sebenarnya 1 bulan waktu yang kurang untuk mengenal teman – teman  yang lain. Masih teringat jelas bagaimana kami ikut rapat pertama di fakultas fisipol. Kebanyakan kami Cuma mendengarkan dan memahami sejauh apa unit ini sudah bergerak. Dimulai dari pembahasan transportasi, akomodasi, pendanaan hingga jadwal pemberangkatan. Aku coba menimbulkan kesan intelektual dengan mendengarkan sambil manggut – manggut. Sesekali bergumam dan mendesah, tak lupa memasang pose panas.

Menjelang tanggal pelaksanaan KKN, 9 Juli 2012. Pembahasan mengenai transportasi makin membuat jidat mengkerut. Aku kayang, jongkok, lari terus salto – salto (Sebenarnya adegan ini gak ada tapi sengaja dibuat untuk menimbulkan kesan ruwet). Kapal laut, pesawat, kloter – kloteran, rute. Setiap minggu membahas hal yang belum bisa ditemukan jalan keluarnya. Sampai seorang temanku mengusulkan naik bis aja supaya berangkatnya bisa bareng. Tanggal ujian akhir semester yang berbeda – beda di setiap fakultas memang membuat bingung. Masih ada fakultas yang yang ujiannya baru berakhir tanggal 7 Juli sedangkan tanggal 9 pelaksanaan KKN sudah dimulai. Namun saat Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat Universitas Gadjah Mada (LPPM UGM, lembaga yang mengelola KKN di UGM) memberi tahu kalau kami boleh telat sampai di lokasi, Oke kita naik bis dari Jogja!!! Dengan waktu tempuh lebih dari 4 hari dalam hati aku berkata,

“Ini pasti tidak akan menjadi hal yang biasa.”

Kami berangkat tanggal 7 Juli 2012. Yeaaaaaaaaaaaaaah Go KKN Kawan!!!

baca lanjutan kisah ini lebih lengkap dan menarik di https://pulaupemana.wordpress.com/


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: