jangan seperti aku

18 maret 2015

“Jangan Seperti Aku” mungkin ini judul yang tepat untuk mengingatkan orang lain agar tidak melakukan dan mengalami hal yang sama denganku. saat aku menuliskan ini, aku sedang menjalani semester 14 ku dengan skripsi yang masih ku jalani. Ya memang selama ini. rumit. banyak kisah yang terjadi di dalamnya..tentu saja ini tidak hanya menyangkut kisahku. karena itu ku sarankan padamu sejak awal, Jangan seperti aku!

masih teringat jelas kepulanganku yang pertama. November 2013. Ayah sakit, hb nya rendah sehingga harus diponame dan ditranfusi di rumah sakit. aku diminta pulang. kami memang keluarga kecil, hanya terdiri dari aku, kakak, ayah dan ibu. biarpun begitu beruntung kami memiliki sanak keluarga yang baik :). beberapa hari disana ayah dinyatakan bisa pulang kerumah. sempat 2 minggu aku di rumah kemudian balik lagi ke Yogya untuk menyelesaikan proposal skripsiku.

beberapa minggu kemudian hb ayah rendah lagi dan harus diopname lagi. namun kali ini aku tidak diminta untuk pulang. saat itu diketahui kalau ayah mengalami gagal ginjal. aku diberitahu lewat telepon kalau ayah akan dioperasi untuk menanam selang di dalam perutnya.  Continuous Ambulatory Peritoneal Dialysis (capd). itu nama pengobatannya. setelah ayah divonis gagal ginjal aku jadi mencari tahu di internet mengenai gagal ginjal. gagal ginjal adalah suatu kondisi dimana ginjal sudah tak mampu menjalankan fungsinya lagi. seperti yang kita tahu salah satu Fungsi Ginjal adalah sebagai alat ekskresi. Alat agar tubuh kita bisa mengeluarkan cairan, racun dan zat sisa di dalam tubuh. Lalu bagaimana keadaan ayahku? 3 bulan semenjak pemasangan capd, tubuh ayah terutama kaki membengkak. Tubuh ayah melemah, mungkin ini disebabkan penyakit diabetesnya yang sering membuat kadar gulanya tinggi. Ayah hanya bisa terbaring di tempat tidur. Maret 2014, setelah aku menyelesaikan revisi proposal skripsiku aku kembali pulang karena ayah kembali diopname… (continue)

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: